Wisata Kuliner di Punclut Bandung dengan Nuansa Romantis Tiada Tara

shares

Wisata Kuliner di Punclut Bandung - Bandung selain dikenal sebagai Kota Kembang berjuluk Paris van Java juga dikenal sebagai pusat wisata kuliner yang tak ada habisnya. Hampir setiap saat di Kota ini selalu hadir menu jajanan baru baik hasil modifikasi dari makanan sebelumnya ataupun makanan yang memang benar-benar baru. Bahkan dari satu jenis makanan saja bisa dikreasikan hingga berpuluh-puluh jenis makanan baru.
Wisata Kuliner di Punclut Bandung
Lereng Anteng, via http://www.infobdg.com
Nah kali ini kita akan membahas sedikit informasi mengenai pusat wisata kuliner terbaik yang selalu ramai dikunjungi di Kota Bandung, adalah puncak Ciumbuleuit atau lebih dikenal dengan nama Punclut. Kalau dalam bahasa Indonesia, Punclut Bandung berarti Puncak dari Kota Bandung.

Sekilas Tentang Punclut Bandung

Puncak Ciumbuleuit atau Punclut berada tak jauh dari pusat Kota Bandung dan bisa ditempuh sekitar 30 sampai 45 menit saja dengan berkendara pribadi, sementara dari pusat belanja Cihampelas jaraknya sekitar 5 km saja. Punclut memiliki luas lahan mencapai 290 hektar dan berada diketinggian 1000 meter diatas permukaan air laut. Maka tak heran kalau kawasan ini memiliki udara yang sangat sejuk.

Baca: 10 Tempat Wisata Bandung Baru yang Hits dan Harus Kamu Kunjungi

Kawasan Punclut merupakan kawasan wisata terpadu lantaran disini kerap kali dikunjungi oleh warga setempat untuk berbagai kegiatan seperti jalan-jalan, berolah raga dan tentunya wisata kuliner yang tak ada matinya. Setiap akhir pekan kawasan Punclut selalu dipadati oleh para pengunjung baik masyarakat lokal maupun wisatawan dari berbgai daerah.

Keunggulan dari Punclut adalah letaknya yang berada diketinggian sehingga kamu bisa melihat pemandangan Kota Bandung secara jelas. Kota dengan segenap bangunannya yang dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan. Kamu juga bisa melihat Gunung Malabar dan Gunung Patuha yang letaknya disebelah selatan Kota Bandung. Bukan hanya itu, kalau cuaca tengah cerah dua menara Masjid Raya Bandung dan Jembatan Surapati juga terlihat sangat jelas.

Wisata Kuliner di Punclut Bandung dengan Nuansa Romantis

Jika ingin makan malam dengan pasangan dan ingin memberikan kesan romantis tingkat tinggi, maka mengunjungi Punclut sangatlah tepat. Kamu tinggal mencari tempat makan dengan nuansa pemandangan Kota Bandung serta makan ditempat yang terbuka. Selagi minum atau makan kamu bisa menyaksikan lanscape Kota Bandung dimalam hari yang dipenuhi oleh riakan lampu-lampu Kota yang memanjakan mata.
Wisata Kuliner di Punclut Bandung dengan Nuansa Romantis

Momen-momen ini tak akan kamu dapatkan ditempat lain dan tentu saja sangat pas untuk mengutarakan isi hati kepada calon pasangan kamu.

Menu Makanan di Punclut

Seperti halnya kawasan wisata kuliner lainnya, disini banyak terdapat tempat makan yang bisa kamu pilih. Kamu tinggal sesuaikan saja yang kira-kira bakal nyaman untuk berkumpul dan menikmati makan. Soal menu tentu saja ada banyak sekali pilihan menu masakan yang menggugah selera, namun menu andalan yang paling banyak disajikan disini adalah masakan khas Sunda dengan citarasa tinggi nan lezat.

Sebut saja nasi timbel atau nasi yang dibungkus oleh daun pisang, selain itu ada goreng tempe, goreng tahu, goreng ayam, sambel khas Sunda lengkap dengan lalapannya.

Baca: 10 Hotel Murah di Lembang Dekat Tempat Wisata Bandung

Usai menikmati makan malam dengan menu berat, kamu juga bisa menikmati suasana Punclut dengan pemandangan Kota Bandung secara menyeluruh dengan secangkir minuman tradisional yang hangat, Sebut saja bandrek atau bajigur yang berbahan dasar rempah-rempah seperti jahe dan cengkeh.
Menu Makanan di Punclut

Mengenai tarif makanan yang dijajakan di kawasan Punclut juga masih cukup terjangkau. Bisa disebut tak ada bedanya dengan tempat makan didaerah lain mulai dari Rp.5000 untuk berbagai jenis minuman hingga Rp.25.000 sampai Rp.35.000 untuk makanan berat.

Aamat Punclut Bandung

Punclut diambil dari kata Ciumbuleuit maka sudah pasti alamatnya adalah dikawasan Ciumbuleuit. Kalau dari pusat Kota juga sudah banyak papan penunjuk jalan yang jelas ke kawasan ini. Kalau kamu melalui jalan Setia Budhi maka tinggal belok kanan saja dari pertigaan antara Lembang dan Cihampelas, dan sebelum ke arah Cihampelas nanti belok ke kiri mengikuti penunjuk arah ke kawasan Ciumbuleuit. Sangat mudah ko, dijamin gak akan kesasar.

Tips Wisata Keluarga Ke Punclut Bandung

  • Jika kamu tujuannya adalah wisata kuliner di Punclut Bandung dengan nuansa romantis, maka sebaiknya kamu datang disore hari menjelang malam. Kamu bisa mencari lokasi yang pas untuk makan malam dengan pasangan kamu. Setelah itu tinggal menikmati berbagai hidangan baik makanan maupun minuman hangat sambil menikmati pemandangan Kota Bandung dengan gemerlap lampu-lampu dan udara yang dingin.
  • Agar lebih leluasa sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Apalagi nantinya kamu bakalan betah berlama-lama di Punclut sehingga tak akan bingung ketika ingin pulang larut malam akan menggunakan kendaraan apa.
  • Persiapkan jaket agar kamu tidak kedinginan, kawasan Punclut yang berada diketinggian 1000 meter diatas permukaan air laut tentu saja menawarkan suasana sejuk, namun ketika malam kawasan ini akan cenderung lebih dingin.
  • Datang pada waktu pagi hari diakhir pekan juga sangat seru, kamu bisa olah raga terlebih dahulu sambil menikmati  jajan aneka minuman hangat, setelah itu tinggal menikmati sajian makanan berat diwarung-warung lesehan disekitaran.
Nah itulah sekilas tentang objek wisata kuliner Punclut yang merupakan tempat wisata kuliner tebaik di Kota Bandung. Kawasan ini selalu ramai jika akhir pekan maka sayang rasanya jika kamu berlibur ke Kota Bandung namun tidak mengunjungi kawasan ini.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar