Budget Jalan Jalan Ke Jogja Murah 3 Hari 2 Malam Cukup dengan Uang Segini

shares

Yogyakarta, Kota bersejarah yang saat ini menjadi tujuan para pemuda menuntut ilmu, Jogja dikenal sebagai pusat pendidikan di Jawa sehingga tak heran jika Kota Jogja mendapat julukan sebagai kota pelajar.

Kamu yang berada di Jogja tak akan sulit menemukan Mahasiswa, hampir semua orang yang kamu temui di Jogja adalah Mahasiswa. Selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta juga sebagai tempat liburan yang menyenangkan, Kota yang tak pernah mati ini menawarkan segudang tempat wisata dan hiburan.

Berbagai fasilitas umum tersedia untuk memenuhi kebutuhan para pelajar sehingga harganyapun cukup terjangkau. Nah sobat yang berencana berlibur ke Jogjakarta tentu ingin mengetahui Budget jalan jalan ke Jogja bukan? Berapa sih biaya minimal yang dibutuhkan?
Budget Jalan Jalan Ke Jogja Murah 3 Hari 2 Malam

Yang pasti kamu harus mengetuhi terlebih dahulu berapa lama wisata ke Yogyakarta serta apa yang akan dilakukan selama disana, tempat-tempat apa saja yang akan kamu kunjungi serta apa saja yang ingin dibeli.

Dengan melakukan perencanaan Perjalanan ke Jogja tersebut maka anda setidaknya bisa mengetahui biaya minimal yang harus dipersiapkan. Kali ini, kita akan berikan informasi mengenai budget minimal jalan-jalan ke jogja, istilahkan ala Backpacker gitu lah ya. Kita berangkat dari Kota Bandung menuju Yogyakarta. Tips ini juga berlaku untuk sobat dari daerah lainnya.

Tentukan Berapa Lama Berlibur

Idealnya untuk berlibur membutuhkan waktu sekitar dua malam tiga harian. Anda bisa leluasa mengunjungi tempat-tempat yang menarik di Jogjakarta. Misalkan ketempat nongkrong di Malioboro, Angkringan Tugu untuk menikmati Kopi Joss, Candi Prambanan, Museum dan lain sebagainya. Setelah menentukan berapa hari, nanti akan diketahui berapa Budget selama liburan di Jogja.

Tentukan Transportasi yang Digunakan

Kalau pengen murah tentu bisa menggunakan kendaran Motor pribadi. Anda bisa bebas diperjalanan, paling biaya bensin yang tak terlalu mahal. Anda juga bisa bebas berhenti untuk istirahat dimana saja.

Saran kami jika ingin menggunakan Motor pribadi, anda berangkat rombongan, ajaklah temen-temen kamu agar suasana perjalanan ke Jogja semakin ramai, liburanpun semakin meriah.
Kereta Api Bandung Jogja Lodaya
Kereta Api Lodaya Bandung-Yogyakarta
Namun jika ingin lebih santai anda bisa memilih moda transportasi Kereta Api. Saya lebih senang Kereta dibanding Bus Umum. Kereta lebih cepat dan suasana perjalanan juga cukup seru, banyak pemandangan yang bisa kamu nikmatin selama perjalanan.

Saran saya, bawalah perbekalan makanan dan minuman yang kamu beli dari luar stasiun, jangan beli di Stasiun apalagi didalam kereta api karena harganya cukup mahal. Nah jika kamu menggunakan kereta Api kelas Bisnis, harga tiket kereta api pergi-pulang sekitar Rp.420.000.

Anda juga perlu mengalokasikan dana untuk transportasi selama liburan di Jogjakarta, siapkan saja sekitar Rp.150.000.

Tentukan Hotel Tempat Menginap

hotel murah Jogja

Cari hotel dengan kisaran harga hotel di Jogjakarta sekitar Rp.100.000 hingga Rp.300.000. Banyak ko, kamu bisa mencarinya secara online melalui situs travel murah seperti pegipegi, traveloka, wego dan lain sebagainya.

Misalkan anda menemukan Hotel ditempat strategis dengan harga sekitar Rp.250.000 permalam. Maka untuk dua malam kamu menghabiskan dana sekitar Rp.500.000.

Biaya Makan Selama Liburan

Biaya konsumsi selama liburan tiga hari dua malam. Harga makan di Jogja murah-murah dibanding Kota lainnya. Misal sekali makan kamu menghabiskan uang sekitar Rp.30.000, kalikan saja tiga kali makan jadi Rp.90.000 sehari. Kalau tiga harian berarti Rp.270.000.

Kamu tinggal tambahin aja biaya jajan cemilan, nongkrong dan lain-lain misal Rp.500.000 jadi total Rp.770.000.

Biaya Kunjungan

Kalau saya sih jarang kunjungan ke tempat-tempat tertentu seperti Candi Prambanan, Museum, dll. Saya lebih senang Nongkrong ditempa-tempat yang banyak dikunjungin oleh wisatawan. Bisa sambil ngopi, makan cemilan trus ngobrol-ngobrol bareng temen-temen.

Itu lebih seru ketimbang ke Museum yang bikin jenuh hehe. Kalau nongrong di Malioboro, Alun-alum, Angkringan Tugu atau Kopi Joss dan lain sebagainya tentu GRATIS gak ada tiket masuk, paling kamu perlu jajan saja dan itu udah masuk ke biaya makan selama liburan.
wisata Jogja
Tamansari, Jogja
Kecuali kamu ingin berkunjung ke tempat-tempat tertentu seperti Candi Prambanan, maka tiket masuknya sekitar Rp.40.000 perorang dengan biaya parkir Motor Rp.5000.

Atau jika anda ingin berkunjung ke Museum Dirgantara dimana ada banyak sekali pesawat terbang jaman dulu yang dipajang, harga tiket masuknya Rp.3000 saja. Museum ini terletak di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, anda bisa masuk dari Jalan Janti, Yogyakarta.

Tempat wisata lainnya seperti Kebun Bitangan Gembira Loka yang terletak di Jl. Kebun Raya No.2 Yogyakarta 55171, tiket masuknya dihari biasa Rp.25.000, namun untuk Sabtu dan Minggu menjadi Rp.30.000.

Jika kamu ingin foto-foto ditempat pemandian putri Kraton bisa mengunjungi Tamansari di Komplek Kraton Yogyakarta dengan tiket masuk Rp.7500, harga tiket ini sama jika anda ingin berwisata ke Kraton Yogyakarta.

Anda persiapkan saja biaya Kunjungan ini kedalam budget jalan-jalan ke Jogja, alokasikan sekitar Rp.500.000 saja.

Total Budget Jalan Jalan ke Jogja selama 3 hari 2 malam

  • Biaya Transportasi Bandung-Joga PP: Rp.420.000
  • Biaya Transportasi selama di Joga: Rp.150.000
  • Biaya Hotel 2 malam: Rp.500.000
  • Biaya Makan: Rp.770.000
  • Biaya Kunjungan: Rp.200.000
  • TOTAL: Rp.2.040.000 untuk Liburan 3 hari 2 malam.
Nah Budget Jalan-jalan ke Jogja dari Bandung kamu setidaknya siapkan dana sekitar Rp.2 jutaan. Kalau dari Kota lain tinggal ganti saja biaya transportasi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat sekalian.

Related Posts

2 komentar:

  1. selain dapet hotal murah,, klo mau tiket pesawat murah coba deh cek di tiketland.com , kemaren saya dapet tiket murah disitu.. luamayan lah.. bisa irit budget : )

    BalasHapus
  2. mmakasih artikelnya, sangat membantu. ditunggu artikel selanjutnya, kunjungi juga website http://paketwisatabantul.com/

    BalasHapus