10 Foto Tempat Wisata Pangandaran, Rute dan Daftar Tarif Tiket Masuk

shares

Tempat wisata di Pangandaran - Salah satu Kabupaten di Jawa Barat paling selatan yakni Kabupaten pangandaran terus melakukan perbenahan semenjak memisahkan diri dari Kabupaten Ciamis.

Kini Pangandaran secara perlahan namun pasti terlihat perubahannya. Jika kamu sudah beberapa lama tak berkunjung ke Pangandaran, mungkin saat ini kamu akan kaget dan pangling. Pangandaran begiru berubah menjadi lebih ramai dengan banyaknya bangunan baru.
10 Foto Tempat Wisata Pangandaran, Rute dan Tiket Masuk Objek Wisata Liburan Hari Raya
Kawasan Objek wisata Pangandaran, Jawa Barat
Kawasan Pantai Pangandaran ditata sedemikian rupa demi memanjakan para wisatawan, ikon-ikon baru didirikan, hotel berbintang mulai bertebaran, pusat perbelanjaan juga mulai dibangun dan lain sebagainya.

Objek Wisata Pangandaran Andalan Jawa Barat

Objek wisata Pantai Pangandaran merupakan salah satu tempat wisata andalan Provinsi Jawa Barat. Maka tak heran setiap liburan akhir pekan kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Apalagi saat liburan panjang seperti liburan hari Raya (Lebaran, Tahun Baru, Natal, dll). Jika kamu tidak mempersiapkan dari awal liburan ke tempat wisata Pangandaran saat musim libur panjang, bisa jadi kamu tak akan mendapatkan kenyamanan berupa kamar hotel dan lain sebagainya.

Hal ini memang sudah lumrah mapir semua kamar hotel penuh atau sudah dibooking orang jauh-jauh hari melalui layanan situs booking hotel Online.

Tempat Wisata Di Pangandaran Yang Wajib dikunjungi

Nah kali ini kami akan memberikan beberapa objek wisata di Pangandaran yang wajib dikunjungi saat liburan hari raya. Objek wisata berikut ini merupakan yang paling populer dan selalu ramai. Berikut lebih lengkapnya:

1. Pantai Pangandaran

Tentu saja Pantai Pangandaran menjadi destinasi pertama yang wajib kamu kunjungi saat berwisata ke Pangandaran. Pantai ini memiliki dua sisi yakni Pantai Barat Pangandaran dan Pantai Timur Pangandaran.
Tempat Wisata pantai Pangandaran
Kawasan berenang Pantai Pangandaran
Di Pantai Pangandaran ini merupakan pusat dari pariwisata Kota Pangandaran dimana terdapat banyak hotel, penginapan dan juga restoran dengan aneka kuliner seafood.

Objek wisata Pantai Barat Pangandaran biasa digunakan untuk berenang lantaran pantainya yang landai dan memiliki lokasi daerah aman berenang yang cukup jauh.

Selain itu ada lifeguard yang selalu mengawasi wisatawan yang berenang. Waktu berenang dibatasi hingga pukul 5 sore. Disini juga tedapat  pantai pasir putih yang letaknya berada dikawasan Cagar Alam Pangandaran.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan selain berenang, kamu juga bisa menikmati matahari terbit maupun tenggelam. Juga bisa berkeliling menyusuri pantai menggunakan sepeda atau ATP, memancing, menaiki perahu menuju Taman Laut Pasir Putih.

Sementara Pantai Timur terdapat beberapa restoran atau tempat makan bertemakan seafood. Ikan-ikan yang masih segar dijajakan disini untuk diolah sesuai selera.

Kamu juga bisa bermain Banana Boat dan kegiatan air lainnya. Ombak disini sedikit lebih besar dibanding Pantai Barat, meski begitu kamu masih cukup aman bermain air disini.

Harga tiket masuk Pantai Pangandaran adalah Rp.5.800 untuk satu orang pejalan kaki. Sementara sepeda motor dikenakan tarif Rp.13.000. Kendaraan jenis Sedan atau Jeep dikenakan Rp.34.000, Kendaraan jenis Carry Rp.65.000, untuk mobil penumpang besar Rp.93.000.

Kendaraan bus ukuran sedang Rp.186.000 dan kendaraan bus besar Rp.307.000 dan bus kecil Rp.122.000.

Tiket Masuk Objek Wisata Pangandaran:
  • Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 6.000,-
  • Sepeda Motor Rp. 14.000,-
  • Jeep/Sedan Rp.37.500,-
  • Mini Bus kecil Rp. 65.000,-
  • Minibus BesarRp.92.500,-
  • Bus Kecil Rp.126.000,-
  • BUS Sedang Rp. 188.000,-
  • BUS Besar Rp.310.000,-
2. Cagar Alam Pangandaran

Objek wisata Pangandaran berikutnya adalah Cagar Alam, lokasinya masih berdekatan dengan Pantai Pangandaran. Kamu bisa berkunung menyusuri hutan lindung yang didalamnya terdapat beraneka satwa seperti monyet, lutung, rusa dan lainnya.
Tempat Wisata Pangandaran
Pantai Pasir Putih dikawasan Cagar Alam Pangandaran
Didalam kawasan Cagar Alam Pangandaran juga kaya akan sejarah, pasalnya disini terdapat beberapa gua seperti Gua Jepang. Hanya saja Gua-gua tersebut sekarang ditutup.

Disebelah Barat terapat Pantai Pasir Putih yang selalu ramai dikunjungi. Kamu bisa snorkling dengan alat yang disewakan dengan harga sekitar Rp.30.000. Sambil berenang dipantai kamu bisa melihat biota laut didalamnya.

Tarif masuk kawasan obek wisata Cagar Alam Pangandaran saat ini adalah Rp.20.000 perorang.

Tiket Masuk Objek wisata Cagar Alam Pangandaran:
  • 1(satu) Orang Rp. 20.000,-
  • Sewa Senter Rp. 10.000,-
3. Pantai Batu Hiu Pangandaran

Tempat wisata Pantai Pangandaran berikutnya adalah Pantai Batu Hiu. Objek wisata ini bisa ditempuh dari Pangandaran dengan waktu sekitar 30 menit ke arah Parigi.
Tempat Wisata Pangandaran
Kawasan Pantai Batu Hiu Pangandaran
Nantinya kamu akan menemukan papan penunjuk jalan dan Gaupra Batu Hiu. Pantai disini tidak disarankan untuk berenang lantaran memiliki ombak yang cukup besar.

Namun kamu bisa menikmati suasana pantai dari atas bukit. Sebelumnya kamu akan masuk melalui patung mulut Hiu. Kamu bis amenuju ke atas dan disana terdapat saung atau gazebo tepat dibebatuan karang diatas deuran ombak.

Tiket Masuk Objek Wisata Pantai Batu Hiu Pangandaran:
  • Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 6.000,-
  • Sepeda Motor Rp. 14.000,-
  • Jeep/Sedan Rp.37.500,-
  • Mini Bus kecil Rp. 65.000,-
  • Minibus BesarRp.92.500,-
  • Bus Kecil Rp.126.000,-
  • BUS Sedang Rp. 188.000,-
  • BUS Besar Rp.310.000,-
4. Green Canyon Pangandaran

Green Canyon merupakan tempat wisata di Pangandaran yang populer. Kawasan ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam dari Pangandaran dengan rute menuju kearah Parigi.
Tempat Wisata Pangandaran
Kawasan objek wisata Green Canyon, Pangandaran
Nantinya tepat dipinggir jalan sebelah kiri terdapat Gapura tanda Green Canyon. Suasananya sejuk lantaran masih terdapat banyak pohon rindang. Disini juga terdapat restoran dengan aneka makanan seafood dan lainnya.

Cara menikmati Green Canyon adalah kamu bisa menyewa perahu untuk menyusuri sungai yang hijau jernih hingga menuju kesebuah gua besar. Jarak perjalanan menggunakan perahu sekitar 45 menit.

Didalam gua kamu bisa berenang dengan menggunakan pelampung lantaran airnya yang cukup dalam namun jernih. Kamu bisa naik keatas bebatuan dan meloncat.

Tiket Masuk Objek Wisata Green Canyon Pangandaran:
  • Perahu Rp. 250.000,- ( kapasitas maks 6 orang)
  • Berenang/Perahu Rp.100.000,- ( durasi 30 menit)
5. Pantai Batu Karas Pangandaran

Tidak jauh dari Green Canyon kamu bisa berkunjung ke salah satu objek wisata Pangandaran yang populer berikutnya yakni Pantai Batu karas. Meski tak seramai dengan Pantai Pangandaran, pantai ini memang cocok bagi yang membutuhkan privasi.
Foto Tempat Wisata Pangandaran
Kawasan Pantai Batu Karas, Pangandaran sumber: rekreasilokal.blogspot.co.id
Suasananya tenang dan sejuk lantaran terdapat banyak pepohonan rindang. Selain itu terdapat hotel berbintang serta bungalow-bungalow. Ombaknya sangat bersahabat untuk berenang, meski begitu, kawasan Pantai Batu Karas menjadi tempat terbaik untuk kegiatan surfing.

Tiket Masuk Objek Wisata Pantai Batu Karas Pangandaran:
  • Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 6.000,-
  • Sepeda Motor Rp. 14.000,-
  • Jeep/Sedan Rp.37.500,-
  • Mini Bus kecil Rp. 65.000,-
  • Minibus BesarRp.92.500,-
  • Bus Kecil Rp.126.000,-
  • BUS Sedang Rp. 188.000,-
  • BUS Besar Rp.310.000,-
6. Objek wisata Citumang, Pangandaran

Jika bosan dengan suasana pantai, maka kamu wajib mengunjungi kawasan Citumang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Batu Hiu dan masuk kekawasan perkampungan.
Foto Tempat Wisata Pangandaran
Kawasan Citumang, Pangandaran sumber:korankusut.blogspot.co.id
Citumang sendiri merupakan sebuah sungai yang membelah hutan dengan debit air yang sedang dan jernih. Maka tak heran suasana alam disini sangat segar.

Ada banyak fasilitas wisata di Citumang yang ditawarkan seperti paket body rafting. Kamu akan menyusuri sungai hingga menuju kesebuah gua.

Tiket Masuk Objek Wisata Citumang, Pangandaran
  • 1(satu) Orang Rp. 19.000,-/orang
  • Body Rafting Rp. 175.000,-/orang
7. Pantai Karapyak Pangandaran

Salah satu tempat wisata baru Pangandaran yang layak dikunjungi adalah Pantai Karapyak, Pangandaran. Sebenarnya ini kawasan wisata yang sudah cukup lama, hanya saja saat ini mengalami pemugaran sehingga menjadi lebih indah.
Foto Tempat Wisata Pangandaran
Kawasan Pantai Karapyak, Pangandaran
Fasilitas penunjang untuk wisatawan juga dibangun, keunikan Pantai Karapyak adalah pantai dengan bebatuan karang yang jika surut bebatuan karang tersebut bisa diinjak hingga beberapa meter ketengah.

Ada banyak biota laut yang bisa kamu temukan mulai dari rumput laut, ikan-ikan kecil, bulu babi dan lain sebagainya. Disini juga banyak pemancing.

Pasir pantainya putih dan sedikit kewarna pink, hal ini lantaran pasirnya berupa pecahan bebatuan karang dan juga cangkang-cangkang siput.

Lokasi Pantai Karapyak Pangandaran berada sebelum kamu memasuki kawasan Pangandaran. Ketika melewati jalanan berliku yang merupakan kawasan perhutani nanti akan ditemukan Plang arah ke Pantai Karapyak. Atau sekitar 45 menit sebelum Pangandaran.

Tiket Masuk Objek Wisata Pantai Karapyak, Pangandaran:
  • Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 4.500,-
  • Sepeda Motor Rp. 11.500,-
  • Jeep/Sedan Rp.30.500,-
  • Mini Bus kecil Rp. 51.000,-
  • Minibus BesarRp.71.500,-
  • Bus Kecil Rp.96.000,-
  • BUS Sedang Rp. 146.000,-
  • BUS Besar Rp.240.000,-
Nah itulah beberapa objek wisata di Pangandaran yang paling populer dan hits yang layak kamu kunjungi saat liburan panjang seperti hari raya dan tahun baru. Namun ada beberapa Tips yang perlu kamu perhatikan jika berlibur ke Pangandaran pada saat liburan panjang.

Tips Wisata ke Pangandaran Saat Libur Panjang Hari Raya

Beberapa tips ini wajib kamu perhatian saat berlibur ke Pangandaran diwaktu liburan panjang seperti hari raya dan tahun baru, diantaranya:

1. Persiapkan Penginapan

Sebaiknya persiapkan penginapan dari jauh-jauh hari. Meski saat ini di Pangandaran terdapat ratusan hotel, namun jika musim liburan tiba sangat sulit bagi wisatawan untuk mendapatkan kamar hotel lantaran sudah terbooking oleh orang lain.

Kalaupun ada biasanya lokasinya jauh dari keramaian dan kurang begitu strategis. Kamu bisa pesan hotel dengan memanfaatkan situs booking hotel online. Atau kamu silahkan menuju artikel sebelumnya tentang 33 Hotel Murah di Pangandaran.

2. Persiapkan Perbekalan (Uang)

Perbekalan jenisnya cukup banyak bukan hanya uang saja, namun yang paling penting adalah uang. Jika liburan panjang tiba kawasan Pangandaran kerap macet hingga beberapa kilometer sebelum menuju Pangandaran.

Pernah dimasa lalu wisatawan yang hendak berlibur ke Pangandaran harus tertahan lantaran macet hingga 2 hari berikutnya, padahal jarak ke kawasan Pangandaran tinggal sekitar 5 KM lagi, mereka banyak yang tidak bisa menuju lokasi wisata ataupun pulang untuk balik arah.

Apalagi perbekalan yang dibawa sudah kian menipis atau bahkan habis. Nah sebaiknya persiapkan perbekalan dari awal.

3. Susun Lokasi yang Akan dikunjungi

Setelah itu, kamu perlu menyusun kawasan mana saja yang hendak dikunjungi di temat wisata Pangandaran, misalkan beberapa lokasi didaftar diatas mengenai tempat wisata Pangandaran yang paling populer.

Nah demikian informasi mengenai tempat wisata di Pangandaran yang layak dikunjungi serta beberapa tips jika ingin berlibur ke salah satu tempat wisata terbaik di Jawa Barat ini.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar