Tips Panduan Liburan ke Pangandaran, Tarif Lokasi Wisata dan Hotel Penginapan

shares

Tips panduan liburan ke Pangandaran rasanya cukup penting untuk kami bahas kali ini mengingat tak lama lagi akan ada liburan hari raya Lebaran kemudian disusul Natalan dan Tahun baru.

Objek wisata Pangandaran menjadi salah satu kawasan wisata unggulan yang dimiliki oleh provinsi Jawa Barat. Pangandaran sendiri saat ini sudah menjadi Kabupaten dimana sebelumnya masih menjadi bagian kabupaten Ciamis.

Semenjak berdiri sendiri, pembangunan kawasan wisata Pangandaran kian pesat, ikon-ikon baru pariwisata di Pangandaran dibandung seperri patung ikan marlon berwarna biru.
Tips Panduan Liburan ke Pangandaran
Wisata Pangandaran, via: via Instagram/@yudhiginanjar
Selain itu infrastruktir jalan semakin membaik sehingga wisatawan akan semakin nyaman saat jalan-jalan menyusuri berbagai kawasan wisata yang ada di Pangandaran.

Bisa dikatakan pusat wisata Pangandaran ada dikawasan Pananjung, asal kata dari Nanjung atau daratan yang menjorok kelautan. Diujung nanjung merupakan kawasan konservasi ala Cagar Alam Pangandaran yang didalamnya terdapat beraneka ragam flora dan fauna.

Hewan-hewan seperti monyet dan lutung berkeliaran, kemudian banteng, rusa, biayawak dan lain sebagainya. Sementara untuk flora yang terkenal adalah bunga raflesia atau bunga bangkai yang selalu tumbuh pada saat-saat tertentu.

Sebagai sebuah nanjung maka kawasan wisata Pangandaran terdiri dari dua bentangan pantai yakni Pantai Barat dan Pantai Timur. Keduanya menjadi salah satu pusat wisata yang paling banyak dikunjungi.

Sejarah Pangandaran, Jawa Barat

Konon kabarnya Pangandaran berasal dari kata Pangan yang berarti makanan dan Daran yang berarti pendatang. Sehingga bisa diartikan dulunya adalah sebuah Desa Pangandaran yang banyak dikunjungi pendatang terutama nelayan.
Kawasan Pantai Pasir Putih, Cagar Alam Pangandaran
Kawasan Pantai Pasir Putih, Cagar Alam Pangandaran
Kawasan pantai dengan ombak yang tidak terlalu besar membuat nelayan dari berbagai daerah berdatangan kesini, kebanyakan mereka menetap seperti dari daerah Cilacap dan sekitarnya.

Maka tak heran jika warga Pangandaran menggunakan dua bahasa yakni Bahasa Sunda dan Bahasa Jawa. Kini setelah menjadi sebuah Kabupaten perkembangan pembangunan sangat pesat. Namun sempat terpuruk lantaran terkena gempa dan Tsunami pada 17 Juli 2017.

Cara Pergi Berlibur ke Pangandaran

Tentu saja sebagai salah satu tempat wisata pantai terbaik di Jawa Barat, akses menuju kawasan Pangandaran cukup mudah dijangkau lantaran terdapat jalur jalan utama baik dari kawasan Bandung maupun dari Jawa Tengah.

Menggunakan Bus Umum ke Pangandaran

Jika kamu berencana berlibur ke Pangandaran menggunakan kendaraan Bus Umum maka cukup mudah lantaran sudah ada trayek langsung menuju Pangandaran baik dari Bandung, Jakarta, Cilacap ataupun Yogyakarta.
Tips Panduan Liburan ke Pangandaran
Ikon Kota Pangandaran
Bus dari Jakarta kamu bisa menggunakan Bus Gapuraning Rahayu, ada juga Budiman dan lain sebagainya dengan tarif Rp.90.000.

Bus dari Bandung kamu bisa menggunakan Bus Budiman dengan tarif mulai Rp.53.000.

Bus dari Yogyakarta kamu bisa menggunakan Bus Budiman yang menuju Banjar, nanti dilanjut ke Pangandaran. Atau kamu bisa menggunakan Bus menuju Cilacap dan dilanjut ke Pangandaran.

Menggunakan Kereta Api ke Pangandaran

Rute kereta api menuju Pangandaran langsung memang belum ada, namun kabarnya akan kembali dibuka jalur langsung ke Pangandaran dalam beberapa tahun kedepan.

Namun jika kamu menggunakan Kereta baik dari Bandung maupun dari Yogyakarta maka kamu bisa turun di Kota Banjar, kemudian dialnjutkan dengan bus umum ke Pangandaran.

Menggunakan Pesawat Terbang ke Pangandaran

Pangandaran sendiri sudah memiliki Bandar Udara perintis terletak di Parigi yakni Bandara Nusawiru. Terdapat penerbangan dari Jakarta (Halim) - Pangandaran dengan tarif Rp.520 dan Bandung - Pangandaran dengan tarif Rp.445.000. Penerbangan menggunakan pesawat Cesna milik Susi Air.

Menggunakan Mobil Pribadi atau Motor

Rute menggunakan kendaraan pribadi seperti Motor atau Mobil tentu masih sejalur dengan seperti menggunakan Bus Umum. Kalau dari Bandung hanya ada satu jalur yakni menuju Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

Sementara dari Yogyakarta menuju ke arah Purworejo, Kebumen, Cilacap hingga ke Pangandaran.

Penginapan dan Hotel Di Pangandaran

Sebagai kawasan wisata unggulan di Provinsi Jawa Barat, maka sudah pasti Kawasan wisata Pangandaran sudah dijejali dengan berbagai hotel baik hotel melati hingga hotel berbintang. Kamu bisa melakukan reservasi secara online melalui situs booking hotel online yang banyak tersedia di Internet.
Hotel di Pangadaran
Salah satu hotel yang menghadap Pantai Barat Pangandaran
Kami juga sudah menyediakan informasi mengenai daftar Hotel murah di Pangandaran yang bisa kamu coba. Cek disini artikelnya: 33 Hotel Murah di Pangandaran Lengkap untuk Liburan Tahun Baru.

Tempat Wisata di Pangandaran, Jawa Barat

Tempat wisata Pantai Pangandaran masih menjadi pusat wisata di Pangandaran, namun sebenarnya ada banyak sekali objek wisata yang terdapat di Pangandaran dan sekitarnya, diantaranya adalah:

1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran menjadi yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan, hal ini tak lepas dari kondisi pantainya yang cukup indah dengan ombak yang tidak terlalu besar dan cocok untuk berenang.

Disini juga terdapat banyak hotel maka tak heran menjadi pusat keramaian di Pangandaran. Tersedia banyak caffe dan pusat hiburan serta restoran.

Disini terdapat dua pantai khas yakni Pantai Barat dan Pantai Timur. Juga dikawasan Cagar Alam Pangandaran terdapat pantai pasir putih dengan taman laut yang indah.

2. Pantai Karapyak Pangandaran

Lokasinya berada sebelum Pangandaran. Pantai ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan pantai bebatuan karang serta pasir yang terdiri dari pecahan karang.

3. Pantai Batu Karas Pangandaran

Salah satu Pantai andalan di objek wisata Pangandaran dimana disini memiliki ciri khas gelombang ombak yang memanjang sehingga cocok untuk berselancar. Baca: Wisata Pantai Batu Karas Pangandaran.

4. Green Canyon Pangandaran

Wisata menyusuri sungai yang jernih dan hijau hingga berujung disebuah goa yang besar dan cocok untuk berenang.
Objek wisata Green Canyon Pangandaran
Objek wisata Green Canyon Pangandaran, via: greencanyonpangandaran.com
Dan masih banyak lagi objek wisata di Pangandaran. Kamu bisa mencoba mengunjungi artikel sebelumnya mengenai: 10 Tempat wisata Pantai Pangandaran.

Tips Berlibur ke Pangandaran Jawa Barat

Berlibur ke Pangandaran tentu saja pas musim liburan karena akan lebih ramai oleh pengunjung. Namun konsekuensinya selain ramai juga jalanan bisa macet parah.

Seperti yang sudah-sudah ketika musim liburan seperti lebaran dan tahun baru, jalan menuju Pangandara macet parah dari mulai Banjar hingga Pangandaran.

Solusinya siapkan perbekalan yang cukup untuk mengantisipasi kemacetan, misalkan makanan dan minuman, perhatikan isi tanki bensi kendaraan kamu. Dan jangan lupa beristirahat jika capek.

Sementara jika musim liburan tiba sebaiknya kamu memesan hotel sejak jauh-jauh hari, kamu bisa melakukannya melalui situs booking hotel online dengan pembayaran online agar lebih cepat.

Persiapkan informasi mengenai lokasi-lokasi wisata di Pangandaran yang ingin kamu kunjungi misal Pantai Pangandaran, Pantai Karapyak, Green Canyon dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa tips panduan berlibur ke Pangandaran Jawa Barat, semoga tips ini bisa membantu memudahkan kamu saat berlibur ke Pangandaran.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar