3 Jalur Pendakian Ke Gunung Ungaran Semarang yang Eksotis

shares

Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak gunung aktif yang tinggi menjulang adalah kawasan Jawa Tengah. Beberapa diantaranya memiliki ketinggian hingga lebih dari 3000 Mdpl.

Nah salah satu gunung tinggi di Jawa Tengah yang menjadi salah satu objek wisata Semarang unggulan bagi para pendaki adalah Gunung Ungaran yang berada dikawasan Semarang.

Seklias Gunung Ungaran Semarang

Gunung Ungaran masuk dalam kategori Gunung berapi Stratovolcano dengan ketinggian sedang sekitar 2.020 Mdpl. Gunung tersebut memang saat ini tidak aktif namun potensi untuk aktif kembali sangat besar.
Mendaki Gunung Ungaran, Semarang
Mendaki Gunung Ungaran, Semarang, pic via @fian_92
Hal inipun ditandai dengan adanya sumber air panas dikaki Gunung dan dijadikan sebagai objek pemandian air panas. Adanya sumber air panas menunjukkan didalam perut gunung terdapat aktivitas vulkano.

Sebagai Gunung dengan ketinggian sedang tentu menjadi target ideal para pencinta pendaki gunung. Setidaknya ada tiga jalur pendakian yang wajib untuk dilalui lantaran memiliki venue yang luar biasa indah.

Bukan hanya itu selain tiga jalur yang bisa kamu lalui tentu sampai ditujuan yakni dipuncak juga terdapat tiga puncak untuk berkemah. Diantaranya adalah puncak Gendol, puncak Botak dan puncak Ungaran.

Selain berwisata pendakian ke Gunung Ungaran, kamu juga bisa sekaligus wisata sejarah lantaran dikaki gunung terdapat sisa-sisa peninggalan jaman dulu berupa candi.

Salah satu yang terkenal adalah Candi Gedongsongo yang seharusnya ada sembilan candi, namun sayangnya tiga diantaranya rusak termakan usia, sementara yang masih utuh dan bisa kita nikmati ada enam candi.

Cerita Mistis Gunung Ungaran

Seperti halnya ditempat lainnya di Indonesia, kawasan Gunung Ungaran juga memiliki cerita mistis. Ceritanya dikawasan lereng Gunung merupakan tempat dimakamkannya tokoh Dasamuka yang dikubur oleh Hanoman.

Oleh sebab itu disekitaran lereng akan tercium bau belerang yang sangat pekat. Namun tentu itu hanya sebatas mitos agar kita bisa lebih menjaga kelestarian Gunung Ungaran Semarang ini.

Tiga Jalur Pendakian ke Gunung Ungaran Semarang, Jawa Tengah

Seperti dikatakan diatas setidaknya ada tiga jalur pendakian utama menuju puncak Gunung Ungaran. Semuanya memiliki view yang sangat-sangat indah dan sayang jika dilewatkan. Berikut lebih jelasnya.

1. Mendaki Gunung Ungaran via Pasar Jimbaran atau Basecamp Mawar

Pasar Jimbaran atau basecamp mawar merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Ungaran dan paling populer dikalangan para pendaki lantaran menjadi jalur resmi pendakian yang cukup aman.
Pemandangan Gunung Ungaran
Pemandangan Gunung Ungaran, Semarang, pic via brobali.com
Rutenya dari pusat kota Semarang langsung menuju Ungaran, nanti perhatikan disebelah kanan jalan akan menemui gapura "Kawasan Wisata Candi Gedongsongo". Ikuti jalur utama hingga masuk ke jalan gang dan nantinya akan menemukan Pasar Jimbaran.

Nah dari sana tidak jauh lagi kamu menuju ke Basecamp Mawar sebagai awal perjalanan menuju puncak Gunung Ungaran Semarang. Membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam.

Menariknya sepanjang perjalanan kamu akan mendapati view indah seperti gutan-hutan, kebun kopi yang khas hingga sumber air panas. So, rasanya berwisata ke Gunung Ungaran sangatlah seru.

2. Mendaki Gunung Ungaran via Promasan atau Medini

Selain Basecamp Mawar, kamu juga bisa mendaki gunung Ungaran via Promasan atau Madini yang merupakan jalur pendakian resmi yang cukup aman. Jika kamu sebelumnya menuju Basecamp Mawar, kamu tinggal menggunakan bus kecil menuju Boja, kemudian ke arah Gonoharjo dan Kendal.

Setelah itu kamu menuju Camping Ground Ungaran menggunakan ojek setempat dan mulai perjalanan menuju puncak Gunung Ungaran. Menariknya melalui jalur ini kamu akan disuguhkan dengan perkebunan teh yang hijau.

3. Mendaki Gunung Ungaran via Gedong Songo

Jalur pendakian Gedong Songo bukanlan jalur resmi, meski jalur ini paling mudah sehingga banyak diminati oleh para pendaki. Sementara rutenya sama seperti menuju ke Basecamp Mawar.

Kenali Karakteristik Gunung Ungaran Semarang

Seperti halna gunung-gunung pendakian lainnya Gunung Ungaran memiiki karakteristik terjal sehingga cukup menantang bagi para pendaki. Jalur Basecamp Mawar maupun jalur Promasan pada akhirnya akan bertemu di kebun teh.
Keindahan Gunung Ungaran, Semarang
Keindahan Gunung Ungaran, Semarang, pic via yukpiknik.com
Hal ini berbeda jika kamu melewati lajur tak resmi yakni jalur Candi Gedong songo lantaran sering digunakan oleh masyarakat setempat yang pergi ke gunung untuk mencari kayu, tentu saja bagi para pendaki pendatang harus lebih waspada lantaran kurang mengenal medan.

Melewati jalur basecamp lebih didominasi oleh kondisi medan mendatar hingga menuju kawasan perkebunan teh, selanjutnya akan ada jalur menanjak dan terjal serta bebatuan yang menuntuk pendaki untuk lebih berhati-hati.

Melanjutkan perjalanan hingga menuju area camping ground yang biasa digunakan untuk menginap dengan mendirikan tenda-tenda.

Spot Menarik untuk Berfoto

Tentu saja sebagai wisata alam dengan mendaki Gunung Ungaran akan ada banyak spot menarik yang bisa kamu temukan. Hampir semua jalan yang kamu lalui bisa menjadi spot bagus untuk diabadikan dalam kamera.

Jika sudah berada dipuncak Gunung Ungaran maka kamu akan melihat pemandangan menakjubkan disekitarnya, salah satunya adalah puncak Gunung Telomoyo di Salatiga.

Diperjalanan kamu akan disajikan perkebunan Kopi atau perkebunan teh, selain itu juga ada pohon pinus, kolam air jernih yang biasa disebut kolam renang atau kolam ikan, kolam ini sering digunakan pendaki untuk mengambi air minum.

Nah itulah tempat wisata di Semarang yakni mendaki Gunung Ungaran yang pastinya sangat seru jika dilakukan bersama teman-teman. Kapan kamu akan mendaki Gunung Ungaran?

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar